Teks dan Subteks

Kita sering gunakan kata "teks" untuk mengartikan "tulisan kata-kata", namun dalam literasi media "teks" memiliki pengertian yang sangat berbeda. Teks dari potongan media apapun adalah apa yang secara nyata terlihat dan/atau terdengar. itu bisa mencakup kata-kata yang ditulis atau diucapkan, gambar, grafis, gambar-bergerak, suara, serta susunan atau urutan dari unsur-unsur tersebut. Kadang-kadang teks disebut "cerita" atau "manifestasi atau perwujudan teks". Bagi kebanyakan orang, teks dari potongan media selalu sama.

"Subteks" merupakan interpretasi anda dari potongan media. Hal ini kadang-kadang disebut "teks tersembunyi (text latent)". Subteks ini tidak benar-benar terdengar atau terlihat, itu merupakan makna yang kita ciptakan dari teks didalam benak kita. Meskipun pencipta media (terutama pengiklan) sering membuat teks yang menunjukkan subteks tertentu, namun setiap orang menciptakan subteks mereka sendiri (interpretasi ) berdasarkan pengalaman mereka sebelumnya, pengetahuan, pendapat, sikap dan nilai-nilai. Dengan demikian, subteks dari sepotong media akan bervariasi tergantung pada apa yang individu lihat/dengar. Lihat contoh dibawah:



Teks dari pesan media diatas meliputi:
  • Sebuah gambar kelompok penyanyi bernama "Cherry Belle" yang semuanya berkaos merah, dengan latarbelakang berwarna pink, dan masing-masing membawa produk makanan olahan bermerk "So GOOD".
  • Sebuah kalimat berbunyi, "Available Original DVD LOVE IS U The Movie".

Kemungkinan Subteks meliputi:
  • Seluruh anggota girl band Cherry Belle makan makanan-olahan So Good.
  • Cherry Belle hanya bisa memiliki performa bagus bila makan So Good.
  • Cherry Belle ingin menjual album terbaru mereka
  • Makanan-olahan membiayai konser besar
  • Jika anda makan So Good, anda bisa seperti Cherry Belle
  • Wanita cantik makan So Good
  • Jika anda wanita dan makan So Good, Anda cantik juga.

1 komentar:

haizelahjagielski mengatakan...

Gambling In Maryland: Legal Sports Betting Is Now Live
Sports 파주 출장샵 betting has arrived in Maryland in a state of flux. 양주 출장안마 That's not surprising for fans of the state of Maryland. While 삼척 출장안마 it may seem 성남 출장마사지 like the 용인 출장마사지 state

Posting Komentar

Copyright © Pembelajaran Literasi Media - Blogger Theme by BloggerThemes