Pengantar ke Media Periklanan (Advertising Media)

Periklanan atau advertising adalah bentuk pesan yang berusaha mengajak, mendorong serta membujuk kita untuk membeli sesuatu.Selain itu periklanan juga digunakan untuk mengubah gagasan atau pandangan orang-orang, seperti misalnya pada kampanye pemilihan anggota legislatif, bupati, gubernur, bahkan presiden. Sepertinya sekarang ini iklan terlihat dimana saja kita melihat ,radio, televisi, majalah, kaos, hingga anggota tubuh pun juga disewakan untuk dipajangi iklan!

Teknik Periklanan


Perkilanan memiliki dua kerja utama. Pertama adalah mengatakan kepada orang-orang mengenai sesuatu (seperti produk atau jasa), dan kedua adalah menjadikan orang-orang berkeinginan membeli (produk atau jasa itu).

Iklan bekerja menurut berbagai cara. Antara lain:

  • Memakai headline yang tercetak tebal. Banyak iklan cetak memiliki headline yang tercetak tebal guna membuat orang berhenti dan membacanya. Headline mungkin menjanjikan sesuatu bahwa itulah yang pembaca inginkan, seperti misalnya harga yang bagus. Sementara iklan lainnya cukup dengan pemberitahuan mengenai produk baru.

Contoh Headline Iklan

  • Memakai slogan yang mudah diingat dan ditangkap. Sejumlah iklan memakai slogan-slogan yang mereka gunakan berulang-ulang. Mereka memakai slogan yang mudah untuk diingat dan sering memakai ungkapan yang bersifat "catchy" (mudah ditangkap). Kadang-kadang slogan tidak berhubungan dengan produk.

Contoh Slogan Beberapa Iklan


  • Memakai sosok tokoh terkenal. Dalam banyak iklan orang terkenal berbicara mengenai suatu produk dan menceritakan alasan mengapa mereka memakai produk itu. orang terkenal tersebut bisa saja seorang aktor, artis, selebriti, atlit atau bisa saja seorang pengguna rata-rata produk.

Contoh Iklan Memanfaatkan Orang Terkenal


  • Memakai perbandingan. Teknik periklanan juga menggunakan cara membandingkan sebuah produk dengan produk lain yang sejenis. Iklan berusaha mengatakan kepada kita mengapa produk ini baik.

  • Memakai Fitur Kartun atau Karakter Produk. Fitur kartun atau karakter produk boleh jadi dimunculkan dalam iklan untuk jangka waktu cukup lama sehingga fitur kartun atau karakter produk menjadi terkenal dan orang-orang mengenali mereka dengan produk.

Contoh Karakter Produk dalam Iklan

  • Memakai Teknik Pengulangan. Ini merupakan teknik mendasar yang digunakan dalam bisnis periklanan, dimana pemasang iklan menyiarkan iklan mereka beberapa kali sehari untuk beberapa hari, pekan atau bulan. Ketika orang menyaksikan iklan lebih sering, kemungkinan besar mereka akan menerima pesan iklan dan berkeinginan untuk membeli.
   

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Pembelajaran Literasi Media - Blogger Theme by BloggerThemes