Sejarah Perkembangan Alat Informasi dan Komunikasi

Perkembangan penyebaran informasi dan komunikasi melalui teknologi canggih saat ini dicapai bukan secara seketika, melainkan melalui proses panjang dalam kurum waktu yang cukup lama. Teknologi komunikasi saat ini sudah terbukti mampu melampaui batasan daratan, lautan, udara bahkan ruang angkasa.

Lukisan Dinding Gua Prasejarah Lascaux


Sejarah mencatat bahwa alat komunikasi tertua ditemukan berupa lukisan di dinding gua prasejarah Lascaux kawasan Dordogne Perancis, yang diperkirakan dibuat sekitar tahun 18.000 hingga 10.000 SM.

Lukisan di Dinding Gua Lascaux Perancis
Lukisan di Dinding Gua Lascaux Perancis
Berikut video penelusuran Rick Steves mengenai gua Lascaux.


Pictograms dan Ideograms


Selanjutnya sejarah mencatat pula adanya alat-alat informasi berupa Pictogram dan Ideogram yang telah digunakan oleh bangsa Mesir dan China sekitar tahun 5.000 SM.

Pictograms Bangsa Mesir
Contoh Pictograms yang Dibuat oleh Bangsa Mesir

Pictograms dan Ideograms merepresentasikan suatu konsep, obyek, aktivitas, tempat atau kejadian yang ditunjukkan didalam pictograms dan ideograms itu. Bangsa Mesir melakukannya dengan ilustrasi. Ini adalah  cara merepresentasikan ide-ide melalui gambar, bukan tulisan. Proses komunikasi dengan cara seperti ini berlangsung sangat lamban.

Alat Komunikasi Bangsa Yunani Kuno


Pada tahun 776 SM bangsa Yunani kuno telah memanfaat burung merpati sebagai alat penyampai pesan dari satu tempat ke tempat lain. Bahkan bangsa Yunani kuno telah menganggap penting proses penyampaian informasi. Tercatat pada tahun 530 SM seorang pria telah berlari selama dua hari bertutut-turut menempuh jarak 150 mil hanya sekedar untuk mengabarkan kemenangan bangsa Yunani atas Persia. Namun demikian, bangsa Persia tercatat menciptakan jasa layanan pengiriman pesan (surat) di dunia.

Kode Morse


Pada tahun 1835 seorang pria berkebangsaan Amerika Serikat bernama Samuel Morse berhasil menciptakan alat komunikasi berupa kode-kode sebagai alat komunikasi non-verbal yang terkenal dengan sebutan kode morse.

Samuel Morse
Samuel Morse Mendemonstrasikan Komunikasi Kode Morse

Penemuan Telepon dan Radio


Sejak itu penemuan demi penemuan mengisi sejarah peradaban teknologi manusia. Pada tahun 1876 Alexander Graham Bell berhasil menciptakan pesawat telepon, kemudian berlanjut pada Guglielmo Marconi  yang berhasil menciptakan radio translatik pertama yang berhasil melintasi lautan atlantik.

Guglielmo Marconi
Guglielmo Marconi dan Radio Penemuannya
























0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Pembelajaran Literasi Media - Blogger Theme by BloggerThemes