Apa itu Media?

Istilah "media" barangkali sudah akrab di telingan kita, dan setiap hari sekarang ini hampir setiap saat kita berhubungan dengan sesuatu yang namanya media. Tapi, apakah sebenarnya media itu? Pengertian media setidak-tidaknya dapat mengacu kepada dua hal yaitu komunikasi dan komputasi.

Pengertian Media dalam Bidang Komunikasi


Dalam bidang komunikasi, media dapat diartikan sebagai perangkat-perangkat yang digunakan untuk menyimpan serta mengirimkan data atau informasi. Terdapat beberapa media terkait dengan komunikasi, yaitu:

  1. Media periklanan (advertising media), adalah aneka media, konten, pembelian serta penempatan untuk iklan.
  2. Media penyiaran (broadcasting media), adalah komunikasi yang dikirimkan melalui jaringan komunikasi elektronik massal.
  3. Media digital (digital media), media elektronik yang digunakan untuk menyimpan, memancarkan serta menerima informasi yang terdigitalisasi.
  4. Media elektronik (electronic media), komunikasi yang dikirimkan melalui energi elektronik atau elektromagnetik.
  5. Hypermedia, adalah media dengan hyperlink-hyperlink.
  6. Media massa (mass media), adalah semua bentuk/jenis komunikasi massa.
  7. Multimedia, adalah komunikasi yang menggabungkan aneka bentuk pemrosesan konten informasi.
  8. New media, merupakan suatu istilah yang luas yang mencakup penggabungan dari media tradisional dengan kekuatan interaktif dari komputer serta teknologi komunikasi.
  9. Media berita (news media), adalah media massa yang terfokus pada mengkomunikasikan berita.
  10. Media cetak (print media), adalah komunikasi yang dikirimkan melalui media kertas atau kanvas.
  11. Media publikasi (published media), adalah segala media yang dibuat tersedia untuk umum (publik).
  12. Medium rekaman (recording medium), adalah piranti yang digunakan untuk menyimpan informasi.
  13. Media sosial (social media), adalah media yang disebarluaskan melalui interaksi sosial.

Media Periklanan (Advertising Media)


Istilah "Advertising" dalam bahasa Inggris berasal dari bahasa Latin "Ad vertere", yang artinya "untuk mengubah pikiran menuju". Advertising atau periklanan adalah bentuk komunikasi untuk pemasaran serta digunakan untuk mendorong, membujuk atau memanipulasi penonton (pemirsa, pembaca, pendengar) supaya mengambil suatu tindakan. Secara umum hasil yang diinginkan oleh sebuah iklan adalah terdorongnya perilaku konsumen berkaitan dengan pemasaran sebuah produk/jasa komersial, politik serta ideologi.

Pesan periklanan biasanya dibayar oleh sponsor serta disaksikan melalui berbagai media seperti koran, majalah, radio, televisi, surat, media luar-ruangan, blog serta website.

Media Penyiaran (Broadcasting Media)


Broadcasting atau penyiaran adalah bentuk distribusi konten audio dan/atau video ke penonton yang tersebar melalui media komunikasi massa audio atau visual melalui perantaraan radiasi gelombang elektromagnetik. Broadcasting digunakan untuk tujuan sekedar relaksasi pribadi, pertukaran pesan non-komersial, kesperimen, pelatihan diri, komunikasi amatir hingga yang bersifat komersial seperti yang terlihat pada radio, televisi dan internet.

Media Digital


Media digital merupakan bentuk media elektronik yang menyimpan data dalam wujud digital, bukan analog. Pengertian dari media digital dapat mengacu kepada aspek teknis (misalnya harddisk sebagai media penyimpan digital) dan aspek transmisi (misalnya jaringan komputer untuk penyebaran informasi digital), namun dapat juga mengacu kepada produk akhirnya seperti video digital, audio digital, tanda tangan digital serta seni digital.

Media Elektronik (Electronic Media)


Terdapat perbedaan pokok antara media elektronik dan media statis jika ditinjau dari sisi pengguna akhir (penonton). Didalam media elektronik, penontot membutuhkan media yang memanfaatkan tenaga elektromekanik untuk dapat mengakses konten informasi. Sebagai contoh, untuk dapat mengakses konten informasi yang dipancarkan melalui pemancar televisi, penontong membutuhkan pesawat penerima televisi.

Sementara itu didalam media statis, boleh jadi konten informasi dibentuk dengan memakai alat bantu berupa piranti-piranti yang bekerja secara elektronik, namun untuk mengakses konten informasi penonton tidak mmbutuhkan media elektronik. Sebagai contoh, koran dicetak menggunakan mesin cetak yang bekerja secara elektromekanik, namun orang tidak membutuhkan perangkat elektronik apapun untuk membaca konten informasi yang termuat didalam koran itu. 

Sumber utama media elektronik adalah rekaman video, rekaman audio, presentasi multimedia, presentasi slide, CD-ROM serta konten online. Umumnya konten media elektronik beruwujud digital, meskipun mungkina ada pula yang berupa analog. Setiap peralatan yang digunakan dalam proses komunikasi elektronik (misalnya televisi, radio, telepon, komputer desktop, konsol game, perangkat genggam) juga dapat dianggap media elektronik.

Hypermedia


Hypermedia sebenarnya merupakan perpanjangan logis dari istilah hypertext. Istilah "hypertext" itu sendiri digunakan oleh Ted Nelson dalam sebuah artikelnya pada tahun 1965. Didalam hypertext grafis, audio, video dan teks biasa saling mengkait antara satu dengan lainnya sehingga membentuk media informasi non-linier umum. Contoh hypermedia adalah world wide web hasil karya dari Tim Berners Lee yang terkenal itu. World wide web memungkinkan orang menyajikan halaman-halaman web yang terkait satu sama lain, maupun yang berdiri sendiri-sendiri. 

Media Massa (Mass Media)


Media massa merupakan penganekaragaman (diversifikasi) teknologi media yang betujuan menjangkau masyarakat atau khalayak yang lebih luas melalui komunikasi massa. Teknologi berbasis elektronik yang digunakan untuk menyebarkan informasi bervariasi seperti penyiaran melalui radio, film rekaman serta televisi. Sedangkan teknologi berbasis cetak biasanya memakai media fisik berupa buku, pamflet, surat kabar atau komik. Berbicara di depan umum serta mengorganisir acara bisa dikategorikan sebagai bentuk media massa.

Sementara itu media massa berbasis digital dapat berupa internet dan komunikasi massa bergerak (mobile). Serta pula layanan masyarakat seperti email, blog, website, radio internet dan televisi internet.

Multimedia


Multimedia memakai kombinasi bentuk-bentuk konten yang berlainan yang mencakup teks, audio, image, animasi, video serta bentuk konten interaktivitas. Multimedia bisa diakses melalui perangkat pengolah konten informasi seperti perangkat komputer dan perangkat elektronik audio/video.

New Media


Pengertian dari istilah '"New Media" adalah mengacu kepada akses konten on-demand kapan saja dan dimana saja, pada setiap perangkat digital, serta umpan balik pengguna interaktif serta partisipasi kreatif. Contoh dari new media misalnya ensiklopedia online, wikipedia dsb.

Media Berita (News Media)


Media pemberitaan atau news media merupakan unsur-unsur dari media massa yang berfokus kepada pemberian berita kepada masyarakat/khalayak umum sebagai sasaran. yang termasuk media pemberitaan antara lain media cetak (surat kabar, majalah berita), siaran berita (radio dan televisi), dan lebih baru-baru internet (surat kabar online, blog berita, dll).

Media Publikasi (Published Media)


Istilah "publishing" atau penerbitan memiliki pengertian sebagai proses produksi dan penyebaran informasi sastra, informasi musik, atau pula aktivitas menjadikan informasi tersedia bagi masyarakat/khalayak umum. Dalam beberapa kasus, seorang penulis mungkin menerbitkan sendiri karyanya.

Secara tradisional, istilah ini mengacu pada distribusi karya cetak seperti buku dan surat kabar. Dengan munculnya sistem informasi digital dan internet, maka ruang lingkup penerbitan menjadi lebih luas yang mencakup sumber daya elektronik, seperti versi elektronik dari buku dan majalah, serta micropublishing, website, blog, penerbit video game dan sejenisnya. Penerbitan meliputi tahapan copy editing, akuisisi pengembangan,, desain grafis, produksi - pencetakan, dan pemasaran dan distribusi.


Media Sosial (Sosial Media)


Pengertian dari media sosial adalah sarana untuk berinteraksi antara orang-orang dimana mereka dapat menciptakan, berbagi, dan bertukar informasi serta gagasan-gagasan dalam komunitas dan jaringan virtual.  

Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun pada fondasi ideologi dan teknologi Web 2.0, dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran konten yang dhasilkan oleh pengguna (user-generated content)

Selain itu, media sosial bergantung pada teknologi mobile dan berbasis web untuk membuat platform yang sangat interaktif dimana individu dan masyarakat bisa berbagi, berdiskusi, dan memodifikasi konten yang dihasilkan oleh pengguna.

Pengertian Media dalam Bidang Komputasi


Sedangkan dalam bidang komputasi, media merupakan sesuatu yang digunakan didalam piranti penyimpanan data komputer.

Lanjutkan ke Sejarah Perkembangan Alat Informasi dan Komunikasi



2 komentar:

Andika II PT. Loyalty Development mengatakan...

Dear : Bapak / Ibu

Bersama ini kami memperkenalkan diri atas nama LOYALTYDEVELOPMENT, merupakan perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang Hardware Automation, Videotron Display, Running Text Display, Moving Sign, Scoring Board, dan Led Display.

Saya Andika,dari PT. LoyaltyDevelopment professional solution of led display.usaha utamanya grosir sparepart led running teks seperti module,power suplay,controller,frame, name tag digital.etc dan juga ikut permintaan customer buat buat led running teks jadi.


Running Text dan Moving Sign Display adalah suatu media peraga elektronis dinamis yang dapat menampilkan teks, gambar animatif, jam dan tanggal serta variasi pergerakan objek yang bertujuan untuk menarik perhatian yang melihat karena sifatnya atraktif,. Running Text dan Moving Sign Display dapat dipesan sesuai dengan kebutuhan mulai dari ukuran terkesil sampai dengan yang paling besar disesuaikan dengan kebutuhan.

Fungsi dan Pemanfaatan
Display ini cocok digunakan untuk mempublikasi informasi penjualan dan jasa contohnya SPBU, Hotel, Restaurant, Pasar Swalayan/ Supermarket, Kawasan Parkir, Bank, Bursa Epek, Kantor Layanan Pemerintah, Alat Promosi di Jalan Raya, Jalan Tol, Toko, Perguruan Tinggi dan Sekolah, Tempat Hiburan/ Bioskop, Objek Pariwisata dan Lain-lain. Desain yang dibuat dapat disesuaikan dengan dana dan keinginan customer.

Salam

Andika



Leseen



Leading Brand of Led Display Indonesia



Brand of



PT. Loyalty Development



Blok D-11, Puri Delta Mas, Jl.Bandengan Selatan No.43,

Jakarata Utara 14450, Indonesia

Tel: +62-21-66670788
HP: 0896-3389-1745

Arif_Aisyah mengatakan...

terima kasih artikelnya sangat membantu, kebetulan kami juga bergerak di bidang pengembangan aplikasi khususnya untuk absensi sekolah berbasis sms gateway terhubung langsung dengan HP orang tua, cocok juga untuk absensi pegawai kantor, untuk lebih jelasnya silahkan hubungi website kami www.schoolmantic.com

Posting Komentar

Copyright © Pembelajaran Literasi Media - Blogger Theme by BloggerThemes